• 0215375647
  • 081311646660
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kurikulum TK Islam Al Azhar BSD

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

A. Kurikulum

Mengacu Penerapan Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional No.58 Tahun 2010, maka TK Islam Al-Azhar BSD menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum Nasional Tahun 2013 dengan mengembangkan 6 aspek bidang pengembangan, yaitu:

  1. Nilai Agama dan Moral.
  2. Fisik Motorik (Motorik Halus & Kasar).
  3. Kognitif.
  4. Sosial Emosional.
  5. Bahasa.
  6. Seni.

Dan diintegrasikan dengan Kurikulum Keagamaan pada setiap pembelajaran yang terinternalisasi dengan nilai-nilai Islam melalui pelaksanaan pembiasaan nilai-nilai Islam melalui 8 jalur bidang keagamaan, diantaranya adalah:

  1. Jalur Kegiatan Pembelajaran.
  2. Jalur Internalisasi Nilai-Nilai Ajaran Islam ke Dalam Setiap Kegiatan Pembelajaran.
  3. Jalur Tadarus Al-Qur'an dan SKAI.
  4. Jalur Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).
  5. Jalur Pesantren Latihan.
  6. Jalur Khataman Al Qur'an/Tasyakuran.
  7. Jalur Peribadatan.
  8. Jalur Budaya dan Iklim Sekolah.

 

B. Model Pembelajaran

Pembelajaran di TK Islam Al Azhar BSD menggunakan model pendekatan sentra. Pendekatan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan metode sentra diyakini mampu merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (multiple intelligent) melalu bermain yang terarah. Konsep pembelajaran mampu merangsang anak untuk saling aktif, kreatif, dan terus berfikir dengan menggali pengalaman sendiri. TK Islam Al-Azhar BSD telah mengembangkan 8 sentra, yaitu:

  1. Sentra Persiapan.
  2. Sentra Balok.
  3. Sentra Olah Tubuh.
  4. Sentra Iman dan Taqwa (IMTAQ).
  5. Sentra Seni dan Kreativitas.
  6. Sentra Bermain Peran.
  7. Sentra Bahasa Inggris.
  8. Sentra TIK / Komputer.

C. Acuan Tema

Proses KBM dilaksanakan dengan tema-tema yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Tema-tema ditentukan mengacu dari lingkungan yang terdekat dengan anak, situasi/kejadian yang sedang menjadi trend, kejadian yang sedang melanda (incidental).

D. Puncak Tema

Dalam setiap tema yang sedang dibahas dalam KBM, di akhir pelaksanaan tema dilakukan “Kegiatan Puncak Tema” yang tujuannya adalah melengkapi informasi tentang tema yang dibahas dengan situasi yang nyata/riil agar anak semakin paham.

  1. Kegiatan Pembiasaan
  2. Hafalan Do’a-do’a Harian dan Surat-surat Pendek.
  3. Hafalan Hadits-hadits Pilihan.
  4. Relaksasi Asma’ul Husna.
  5. Sholat Dhuha.
  6. Sholat Dhuhur Berjama’ah.
  7. Hafalan Al-Baqarah ayat 255 dan 286.
  8. Pengenalan IPTEK khususnya Teknologi Informasi.

 


© 2021 TK Islam Al Azhar BSD